Share, , Google Plus, Pinterest,

Print

Posted in:

Prioritaskan Potensi Pariwisata

Tingkat Kunjungan Tinggi, Infrastuktur Tak Siap

Bandung – Calon Gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil menilai, Kabupaten Kuningan memiliki potensi pariwisata yang luar bisa. Kondisi alam yang indah ditambah jarak yang tidak jauh dari Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, menjadi modal yang berharga bagi Kabupaten Kuningan.

Optimalisasi potensi wisata di Jawa Barat menurut Ridwan Kamil, selaras dengan visi pasangan Rindu untuk menjadikan pariwisata sebagai cara paling mudah dalam meningkatkan perekonomian.

”Membangun pariwisata adalah solusi paling cepat, paling murah, paling mudah untuk meningkatkan ekonomi lokal. Kuningan ini akan kami prioritaskan sebagai  kabupaten pariwisata, berbasis pertanian dan alam,” katanya saat mengunjungi tempat wisata Sukageuri View, di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, belum lama ini.

Faktor jarak dan aksebilitas dari suatu daerah pariwisata menurut Kang Emil menjadi kunci penting yang dapat menggerakan perekonomian. ”Kunci dari pariwisata itu adalah jarak dan koneksi. Dulu ke sini butuh waktu enam jam Tapi nanti setelah bandara selesai, waktu tempuhnya tak lebih dari satu jam. Kunjungan ke Kuningan pun pasti akan meningkat. Ini yang akan menjadi keunggulan Kabupaten Kuningan,” tegas Emil.

Menurut Emil, Desa Cisantana ini merupakan salah satu contoh dari progam yang akan menjadi unggulan pasangan Rindu. Yaitu satu desa satu perusahaan. Nantinya, Desa Cisantana ini akan fokus sebagai desa pariwisata. Emil menambahkan, yang terpenting dalam pengelolaan kawasan wisata bukanlah kehadiran investor.

”Kawasan desa wisata ini nantinya bisa dikelola oleh BUMDes, seperti yang dikelola oleh BUMDes di Cisantana ini sehingga keuntungan yang diperoleh nantinya dirasakan oleh masyarakat lokal,” tegasnya.

Dengan begitu, menurut Emil, warga desa tidak perlu hijrah ke kota karena di desa tersedia lahan ekonomi yang bisa menyerap tenaga kerja

Emil pun mengharapkan agar desa-desa yang ada di Jawa Barat bersemangat menggali potensi ekonomi yang ada, seperti yang dilakukan oleh Desa Cisantana Kecamatan Digugur yang mengolah tempat wisata Sukageri view sebagai lokasi wisata. ”Jika sebuah desa memiliki potensi wisata, izinkan saya yang menyiapkan infrastrukturnya jika nanti terpilih sebagai gubernur,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *